Peristiwa

Dispopar Kota Probolinggo, Gandeng Komunitas Lakukan Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 75 Di Pantai

Teks foto : Dispopar Melakukan Upacara di Pantai destinasi lokal sebagai tempat upacara peringatan HUT RI ke 75

PROBOLINGGO, DORRONLINEnews.com – Melalui Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Dispopar) merayakan kemerdekaan RI ke-75 dengan cara yang berbeda.

Berkolaborasi bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup, dan Tim Kerja Pantai Permata Pilang (TKP4). Sejumlah komunitas juga terlibat dalam pelaksanaan pringatan hari kemerdekaan ini.

Upacara dilaksanakan tepat dipukul 07.00 wib. Selaku inspektur upacara yakni Kadispopar, Budi Krisyanto.

“Bertepatan dengan memperingati hari Kemerdekaan ke-75 kolaborasi bareng-bareng. Kami bersinergi bersama Dinas lingkungan Hidup, dan TKP4 bersama mitra pemerintah kota berbagai paguyuban turut memeriahkan kemerdekaan ke-75 di tahun 2020 ini,” jelas Budi Krisyanto.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bersama dengan paguyuban peduli sampah; paguyuban peduli lingkungan dari abang tukang becak; paguyuban penyandang cacat peduli lingkungan; Paguyuban Kang-Yuk; Komunitas Bebek-Pro (Bersih-bersih kali Probolinggo) dan juga para pengelolah TKP 4 mengikuti serangkaian upacara kemerdekaan dengan tajuk tema ‘Indonesia Maju’.

Ada kurang lebih 45 warga dari berbagai komunitas terlihat khitmad melaksanakan upacara di Pantai Permata, Kelurahan Pilang.

Bahkan, pada saat upacara berlangsung tiba-tiba air pasang. Ketinggian air terus meninggi hingga lutut para peserta upacara, namun peserta tetap semangat.

Sejumlah destinasi wisata lokal dipilih sebagai tempat untuk menggelar upacara. Tak hanya peringatan kemerdekaan saja, giat pagi tadi juga dilakukan edukasi lingkungan yakni bersih-bersih pantai dan menanam bibit mangrove serta pembagian masker kepada para pengunjung disekitar pantai permata, sebagai edukasi untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Menurut Budi Kris, dalam mewarnai Kemerdekaan di tengah pandemi saat ini yang harus ditanamkan dalam jiwa yakni 3 hal diantaranya; Semangat memperingati peringatan kemerdekaan; Semangat mencintai lingkungan, dan tetap Semangat disiplin dalam menjalankan Protokol Kesehatan.

“Meskipun ditengah suasana pendemi ini, kita tetap masih punya semangat. Semangat dalam 3 hal; ada semangat menghormati peringatan kemerdekaan; semangat mencintai lingkungan dan tetap semangat dalam menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Usai melaksanakan upacara di Pantai Permata, mereka melanjutkan kegiatan yang sma di Sumber Mata Air Sentong di Kelurahan Jrebeng Kulon. (Indra/woko)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close