Pemerintahan

Predikat Kampung Tangguh Kota Probolinggo Terbaik Se Jawa Timur

Pemkot Probolinggo

Teks Foto : Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama wali kota Probolinggo 

 

 

PROBOLINGGO, DORRONLINENEWS.com  -Kampung Tangguh Semeru Benteng Kelurahan Mayangan Kota Jawa Timur mendapat predikat Kampung Tangguh terbaik se Jawa Timur.

Predikat terbaik tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Kampung Tangguh Semeru Benteng Mayangan yang bersama Irdam Kodam V Brawijaya Brigjen Heri, pada Rabu (17/6/20) sore.

Kunjungan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Irdam V Brawijaya Brigjen Heri di Kampung Tangguh Semeru Benteng Mayangan, didampingi oleh Wali Kota Probollinggo Hadi Zainal Abidin, Wakil Wali Kota Mohammad Soufis Subri, Sekda Kota drg Ninik Ira Wibawati, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo dan Kepala PN Kota Probolinggo, serta segenap Kepala OPD terkait dilingkungan Pemkot Probolinggo.

Kehadiran Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan di Kampung Tangguh Semeru Benteng Mayangan juga disambut dengan prosesi pedang pora oleh para pasukan penyemprot disinfektan.

Dalam sambutannya Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, bahwa dari berbagai kampung tangguh di kabupaten dan kota yang pernah didatangi bersama Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jawa Timur, ternyata Kampung Tangguh Semeru Benteng Mayangan Kota Probolinggo yang terbaik.

“Dari berbagai kampung tangguh yang pernah kita datangi diberbagai Kabupaten dan Kota bersama Bapak Pangdam dan Bapak Kapolda ternyata Kampung Tangguh Semeru Benteng Mayangan ini yang terbaik,” ujar Gubernur yang terus dilanjut dengan menyerahkan bantuan uang Rp10 juta untuk penguatan kampung tangguh kepada kordinatornya.

Gubernur mengatakan, Kampung Tangguh Semeru Benteng Mayangan terbaik karena kaya inovasi. Tidak hanya upaya mendisiplinkan masyarakat pada saat pandemi covid, tapi juga disiapkan untuk UKM-nya, pelayanan ekonominya. Seiring dengan inovasi-inovasi yang menyertakan seluruh energi positif yang ada di daerah sini.

Disamping itu, lanjut Gubernur, juga ada dapur umum, ada sembako murah, ada produksi masker, juga ada produksi face shield. “Ini komprehemsif sekali maka dari berbagai inisiasi Bapak Pangdam dan Bapak Kapolda, kampung tangguh ini tidak hanya sekedar bentuk pencegahan pandemi covid-19, tetapi menyiapkan kita ketika memasuki new normal dan berkelanjutan kehidupan masyarakat dengan solidaritas dan kohesifitas sosial yang bisa dibangun ketahanannya dilini yang paling bawah (RT/RW),” ungkapnya.

Rombongan Gubernur Jawa Timur bersama Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin di Kampung Tangguh Semeru Benteng Mayangan disambut dengan prosesi pedang pora.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa juga mengatakan, roll model-roll model yang dimiliki berbagai daerah di jawa timur ini kaya sekali. Tiga hari lalu pada tahap kami Rakor sama BPKP, Pak Presiden juga membuka, kemudian dari Irwasum Kapolri menyampaikan salah satu yang dijadikan roll model untuk bisa membangun ketangguhan dan ketahanan masyarakat adalah Kampung Tangguh di Jawa Timur. Ada propinsi lain yang menggunakan tehnologi berbeda-beda sesuai dengan daerah masing-masing. Tetapi bahwa prinsip-prinsip yang ada di kampung tangguh ini sudah dijadikan roll model secara nasional. “Apalagi dengan tambahan-tambahan kekayaan budaya yang luar biasa. Seperti tadi ada prosesi pedang pora segala,” tutur Khofifah.

Gubernur menambahkan, diluar dari kampung tangguh ada sesuatu yang saya tahu, yaitu bordir di probolinggo.

Bordir di probolinggo ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Kita punya banyak sekali kekayaan alam, tapi yang masuk dalam PSM adalah Bromo. Saya rasa kita sudah melihat ada priduksi bordir yang yang sangat mudah dijadikan suvenir bagi wisatawan dalam dan luar negeri. “Bromo sangat eksotik yang kemudian bisa menjadi juru bicara kita tentang indahnya wisata di indonesia, bukan hanya di jawa timur saja,” terangnya.

Ditempat yang sama Irdam V Brawijaya Brigjen Heri menyampaikan, mudah-mudahan kehadiran Ibu Gubernur ke Kampung Tangguh ini membawa semangat. Dan yang penting lagi manfaat dari kampung tangguh ini adalah untuk kita sama-sama berupaya mencegah atau menghambat penyebaran Covid-19.

Baca Juga Kodim 0812 Lamongan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Berjemur dengan Membuka Baju

“Mudah-mudahan kehadiran Ibu Gubernur di kampung tangguh ini menambah semangat. Sehingga betul-betul kita bisa bergotong royong bersama-sama. Dan semoga wabah atau pandemi Covid-19 ini bisa segera hilang dari NKRI,” harapnya.

Sementara Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menuturkan, dengan rencana dipulangkannya semua pasien Covid-19 di kota probolinggo yang dinyatakan sudah sembuh, Wali Kota meminta kepada masyarakat kota probolinggo untuk bersama-sama berdo’a.

“Tentunya tanpa berdoa, tanpa kebersamaan mustahil kita bisa melakukan semua ini. Walaupun sudah ada keberhasilan dalam penanganan Covid-19, saya berharap masyarakat tetap mawas diri, jaga diri terus kita kedepankan. Karena kita tidak ingin dengan sembuhnya semua pasien Covid-19 di Kota Probolinggo ini tapi kita lalai, kita terjangkit, sehingga akan merugikan kita semua. Harapan kita seperti itu,” pungkas orang nomor satu di kota probolinggo ini. (Woko/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close