Ragam

Serang Covid-19, Muspika Balongpanggang Pantau Posko Relawan Gugus Tugas

Muspika Balongpanggang

Teks Foto : Muspika Balongpanggang Pantau Posko Relawan Gugus Tugas di desa Kedungpring, Balongpanggang,  Gresik

GRESIK, DORRONLINENEWS.com – Sejak merebaknya pandemi covid-19 di Indonesia secara umum, untuk itu pemerintahan desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, bersama Muspika  mantau dan Posko Relawan Gugus Tugas dan Sosialisasi di Dusun Kedung Rukun.

Bertempatan di Balai Dusun Kedungrukun Desa Kedungpring, telah dilaksanakan pemantauan dan sosialisasi Posko Relawan Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Corona (Covid-19), oleh Muspika Balongpanggang. Kamis (02/04/2020) pagi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori, Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf M. Zainudin, SH, Kapolsek Balongpanggang AKP Tulus, SH, Kepala Desa Kedungpring Priono, Bidan desa Dewi Anggraeni, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan seluruh Perangkat Desa Kedungpring, tokoh masyarakat dan pemuda.

Sementara Kades Kedungpring Priono menuturkan, ” Pemerintahan Desa sudah melaksanakan maklumat, sudah kami selesaikan koordinasikan, di masjid sudah mengikuti petunjuk maklumat, penyemprotan di semua fasum dan rumah warga sudah melakukan penyemprotan dan pembentukan posko, dan posko nanti kita tugaskan 2 wanita saya tugaskan pagi, dan laki-laki 21.00-06.00. Ketika ada tamu masuk, kita akan mengecek, tolong bila ada warga yang Pulang Pergi (PP), harap dipantau kalau ada apa-apa silakan langsung kepetugas kesehatan (Puskesmas).

Kegiatan yang dilaksanakan relawan ini dimulai sejak 31 Maret 2020, kemarin hingga waktu yang belum bisa ditentukan, yang disemprot relawan ini,” kata Priono.

Dijelaskannya, tugas relawan ini tidak hanya untuk melakukan penyemprotan saja, namun juga melakukan pendataan Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP), mensosialisasikan kemasyarakatan berkaitan dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Penyemprotan ini dilakukan hampir di semua fasilitas umum seperti rumah ibadah, sekolah, fasilitas kesehatan, dan sarana pemerintah yang bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

“Petugas juga mensosialisasikan anjuran sosial distancing dan lain sebagainya, terkait upaya pencegahan Covid-19 ini,” jelasnya.

Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori, saya tak henti-hentinya menghimbau kepada seluruh Kepala Desa untuk dapat mengikuti arahan dan sosialisasi yang sudah diumumkan pemerintah, sebab hal ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi harus ada dukungan dari masyarakat.

“Apalagi relawan ini sudah bekerja mengeluarkan tenaga dan pikiran demi masyarakat, jadi tolong dihargai dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk memudahkan tugas relawan,” paparnya.

“Relawan sudah bekerja siang malam demi masyarakat, sudah selayaknya mendapat dukungan masyarakat, sebab semua ini demi kebaikan bersama,” pungkasnya.

Dalam sosialisasinya Kapolsek Balongpanggang AKP Tulus SH kepada relawan ia berpesan agar para relawan dengan sabar dan tegas dalam memberikan arahan kepada masyarakat. Mengingat penyebaran Virus corona ini tak tampak.

“Jangan lupa tersenyum sehingga masyarakat tidak semakin takut, buatlah masyarakat semakin gembira sehingga tidak panik dalam menghadapi virus ini”. Katanya.

Ditempat yang sama Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf M. Zainudin, SH menyampaikan,” Terkait adanya wabah virus covid -19, pemerintah sudah menegaskan. Diharapkan nantinya kepada Kepala Desa atau perangkat untuk mensosialisaskan. Sesuai dengan presedur yang ada, yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Jangan keluar rumah, jaga kebersihan dan budayakan hidup sehat,”

Kemudian untuk lingkungan, diharapkan untuk perangkat, membatasi siapa saja yang datang. Untuk tamu yang masuk kedesa, diharapkan mengecek. Biar nanti dibantu oleh pihak kesehatan (Puskesmas). Katanya.

Masih Kapten Inf M. Zainudin, SH,” Orang-orang yang perlu di awasi, itu adalah orang yang sering keluar atau berpergian jauh. Dan kemudian orang yang bekerja di luarkota. Sebab kita sudah dikasih data daerah-daerah yang di anggap zona merah. Tegasnya.

Untuk perangkat saya meminta, agar ikut mengawasi, karena yang lebih tahu itu adalah perangkat. Untuk itu harus proaktif dalam melaksanakan tugasnya.

Makanya kalau memang ada yang terindikasi, segera melalukan pengawasan dan laporkan, jangan menunggu waktu. Tambahnya. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close