Ragam

Pangkalan TNI AL Denpasar  Laksanakan  Latihan Evakuasi  Pasien Positif  Covid -19

Lantamal V

Teks Foto : Pangkalan TNI AL Denpasar  Laksanakan  Latihan Evakuasi  Pasien Positif  Covid -19

 

DENPASAR, DORRONLINENEWS.com –
Simulasi dan latihan penanganan pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Pangkalan TNI AL Denpasar mulai dilaksanakan dengan dibentuknya Tim Satgas Penanganan Covid-19 tahun 2020 Pangkalan TNI AL Denpasar, selama dua hari (07-08/4/2020) bertempat di Mako Lanal Denpasar dan area Pelabuhan Benoa Bali. Simulasi yang dipimpin oleh langsung oleh Dansatgas Penanganan Covid-19, Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan, melibatkan unsur dari Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar dan unsur Laut diantaranya Catamaran dan Sea Rider.

Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Kolonel Laut (P) M. Bimo Sutopo yang disampaikan oleh Dansatgas mengatakan, kesiapan segala sektor dalam penanganan Covid-19 harus terus ditingkatkan. Termasuk latihan pemindahan pasien positif Corona ini untuk mengukur kesiapan tim di lapangan. Evakuasi rencanaya menggunakan tim dari unsur laut yang dimiliki oleh Pangkalan TNI AL Denpasar.

“Tim penanganan Covid-19 Lanal Denpasar diuji kesiapanya. Bagaimana penanganan pasien positif Covid-19 dari luar yaitu khususnya penanganan yang datangnya dari laut (kapal) yang akan dilakukan penanganan medis di fasilitas kesehatan yang ada di Bali. Evakuasi akan menggunakan fasilitas Alpung yang ada yaitu Combat Boat, Catamaran dan Sea Rider Pangkalan TNI AL Denpasar, ujarnya.

Sesuai sekenario kesehatan, menurut Pasiopslat Satgas penanganan Covid-19 Kapten Laut (P) Ketut Pastika dan Ka. BK Mako Lanal Denpasar Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani, saat pasien yang diambil dan keluar dari kapal akan langsung disemprotkan cairan disinfektan, hingga kemudian bersiap untuk diberangkatkan melalui jalur laut menggunakan Alpung menuju dermaga dan diterima oleh mobil Ambulans dari BK Lanal Denpasar menuju rumah sakit terdekat di Bali sebagai tempat lokasi observasi, tegasnya.

Pelaksanaan simulasi latihan yang dilaksanakan oleh unsur Satgas Penanaganan Covid-19 Lanal Denpasar berjalan lancar berkat dukungan dan partisipasi dari seluruh unsur yang terlibat dalam Satgas Penanganan Covid-19 Lanal Denpasar yang bekerja dengan disiplin dan sungguh-sunguh dalam menerapkan semua yang diinstruksikan oleh Dansatgas. (Penmal V/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close