Sosial

Bantu Pemerintah, Taruna AAL Gelar Sosialisasi Covid-19 dan Bagikan Sembako Pada PHL

Taruna AAL

Teks Foto : Taruna AAL Gelar Sosialisasi Covid-19 dan Bagikan Sembako Pada PHL

 

SURABAYA, DORRONLINENEWS.com –
Dalam upaya membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanganan secara terbatas wabah Covid-19, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lV Angkatan ke-65 yang tergabung dalam Satuan Latihan (Satlat) Hiu, Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XL/2020 menggelar Sosialisasi Covid-19 dan membagikan sembako kepada 62 Pekerja Harian Lepas (PHL) di lingkungan AAL, Jumat (17/4).

Kegiatan yang digelar di Indoor Sport, Mako AAL, Bumimoro, Surabaya ini dihadiri Komandan Satuan Latihan (Dansatlat) Hiu, Latsitardanus XL/2020, Letkol Laut (T) Yohanes Wahyu Budi Setiawan, M.Tr. Opsla, Perwira Staf Satlat Hiu, Taruna Tingkat V dan 62 orang PHL di lingkungan AAL.

Menurut Dansatlat Hiu, kegiatan Sosialisasi Covid-19 ini merupakan salah satu program lanjutan yang dijadwalkan Taruna AAL Satlat Hiu dalam Latsitardanus XL/2020, setelah sebelumnya memberikan sosialisasi serupa kepada warga komplek di sekitar Kampus AAL. Program ini juga bagian dari kegiatan Latsitardanus XL/2020 yang dilangsungkan sejak 7 April hingga 23 April 2020 mendatang.

Dalam pelaksanaan sosialisasi Covid-19 ini, Sermatutar (P) Arief Apriadi, Sermatutar (S) Rian Satria dan Sermatutar (S) Dwi Nita secara bergilir memaparkan materi tentang Covid-19, Penularan, Pencegahan dan Penanganan kasus Covid-19 ini.

Menurut Arief, Covid-19 ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menular dan telah menyebar dengan cepat ke lebih dari 209 negara, termasuk Indonesia.

“Covid-19 adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia),” terangnya.

Gejala awal infeksi virus Corona atau COVID-19 paparnya, bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala bisa memberat. Pasien bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Corona.

“Untuk itu jaga selalu stamina melalui olahraga cukup, istirahat cukup, makan cukup, jangan stress, gunakan masker, jaga jarak hindari kerumunan, (physical dan sosial distancing), sering cuci tangan gunakan sabun sebelum dan setelah beraktifitas dan tetap disiplin lakukan pola hidup bersih dan sehat,” pintanya.

Usai penyuluhan, Taruna AAL Satlat Hiu membagikan paketan Sembako yang berisi beras, mie instan, gula dan lainnya ini secara teratur dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam penangan Covid-19 ini. (Pen AAL/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close