Hukum dan Keamanan

Lanal Semarang  Bersama  Instansi Maritim Gelar Rapat Koordinasi Kedatangan Kapal Pesiar MS. VIKING SUN

Lantamal V

Teks Foto : Kedatangan Kapal Pesiar MS. VIKING SUN, Lanal Semarang  Bersama  Instansi Maritim Gelar Rapat Koordinasi 

SEMARANG, DORRONLINENEWS.com -Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Lantamal V Kolonel Laut (P) Musleh Yadi mengikuti rapat koordinasi yang di laksanakan di R.M. Baruna pelabuhan Tanjung Emas Semarang, terkait kedatangan Kapal Pesiar MS. VIKING SUN dari Australia yang rencana akan sandar di pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam waktu-waktu dekat ini, Jumat (6/3).

Kegiatan rapat koordinasi tersebut bertujuan sebagai kesiapsiagaan menghadapi Coronavirus disease (Covid-19) yang di keluarkan oleh Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada bulan Februari 2020 yang mana seseorang yang memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala di sebut orang dalam pemantauan.

Untuk sementara para crew dan penumpang kapal pesiar yang berjumlah kurang lebih 1.190 orang tersebut masih dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di tengah laut dari pelabuhan penumpang Tanjung Emas semarang ke titik area labuh yang di karantina.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, di dalam kapal tersebut terdapat dua penumpang yang menderita sakit demam, batuk, pilek dan mempunyai riwayat perjalanan mengunjungi negara New Caledonia dan Australia yang merupakan negara terjangkit Covid-19.

Atas dasar hal tersebut, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan sikap serta mengeluarkan Surat Edaran bernomor B/1201/443/2020 menyatakan menolak dan tidak mengizinkan kapal tersebut bersandar di pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pelarangan ini dilakukan Wali Kota Semarang untuk mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19 serta menjaga keselamatan masyarakat Kota Semarang,tegasnya.

Hadir dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Aulia Lubis, Dirintel Polda Kombes Pol Yudha Gustawan, S.I.K., S.H., M.H., Dirpol Airud Polda Jateng Kombes Rismanto, AKBP Wibisosno Kasubag Dikgakkum Polda, Kasat Intelkam AKBP Duki Ginting, Kapolsek KP3 Kompol Samsul Firman, Junaedi KSOP, Dian KPP KSOP, Kasiintel Kajati Sembiring, Danunit intel Dim 0733 BS Semarang Kapten Chb Djamal Altharic, Pasops Lanal Semarang Kapten Laut (P) Casito, Kadis Pariwisata Kota Semarang Indrayana. (Penmal V/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close