Ragam

Komandan Beserta Perwakilan Prajurit Lanal Yogyakarta Ikuti Ceramah Dan Simulasi Pancasila Pusbintal TNI 

Lantamal V Yogyakarta

 

YOGYAKARTA, DORRONLINENEWS.com –
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Lantamal V Kolonel Marinir Bambang Adriantoro beserta 20 prajurit mengikuti kegiatan Simulasi Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Mental Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Pusbintal TNI) di hotel Grand Quality Yogyakarta, Kamis (12/03/2020).

Acara pembukaan Simulasi Pancasila oleh Kepala Pusbintal TNI (Kapusbintal TNI) Laksma TNI Dery Triesnanto Suhendi, S.E yang dihadiri para pejabat TNI wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah diantaranya Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Muji Angkasa, Danrem 072/PMK Brigjen TNI M. Zamroni, S.IP, Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro, Kaintel Lanud Adisutjipto Letkol Windiantara serta perwakilan para perwira dan prajurit matra TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Kapusbintal TNI menyampaikan beberapa hal diantaranya bahwa pelaksanaan simulasi mempunyai makna yang strategis sekaligus merupakan sarana komunikasi guna meningkatkan kwalitas mental prajurit TNI khususnya terkait dengan pemahaman dan kemampuan Prajurit dalam menuangkan pemikiran tentang bagaimana menjadi prajurit yang bertaqwa kepada Tuhan YME yang memiliki jiwa Nasionalisme serta militan dalam melaksanakan tugas. Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, secara eksplisit telah tercantum dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI yang kita miliki bersama. Kita sadari tugas kita kedepan sangat berat dan kompleks, ada kecenderungan nilai- nilai luhur bangsa, landasan moral dan etika mulai terkikis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Kapusbintal TNI menekankan bahwa semuanya akan berdampak langsung kepada penurunan kondisi mental prajurit dalam hal ini aspek ideologi penurunan disiplin/etos kerja, dalam upaya kita harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dengan pendekatan sesuai perkembangan zaman.

“Pada prinsipnya upaya tersebut menyangkut unsur pemahaman, penghayatan serta pengamalan salah metode yang dapat di praktekan oleh kesatuan-kesatuan TNI”, sebagai ahkir sambutan Kapusbintal TNI.
Selesai acara pembukaan dilanjutkan kegiatan Simulasi Pancasila oleh para peserta yang terbagi menjadi 4 kelompok yakni kelompok 1 dari matra TNI AD, kelompok 2 dari matra TNI AL, kelompok 3 dari matra TNI AU dan kelompok 4 selaku Danyon dan staf, dilanjutkan pembulatan dan evaluasi serta pengarahan dilanjutkan penutupan oleh Kapusbintal TNI.

Adapun peserta perwakilan prajurit Lanal Yogyakarta mengikuti ceramah dan Simulasi Pancasila dengan perwira hadir antara lain Pasminlog Mayor Laut (T) Dwi Bady S., Paspotmar Mayor Laut (P) Yuhanit, Kasilidkrim Denpomal Kapten Laut (PM) Rudi Setya G., BP. Akun Kapten Laut (S) Supigi dan Danunit Intel Lettu Laut (P) Hadi Sutrisno. (Penmal V/Lono)

 

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close