Pendidikan

Seakan di Kapal Perang, Taruna AAL Korps Teknik Lattek di Laboratorium Real Engine Simulator

Taruna AAL

Teks Foto : Taruna AAL Korps Teknik Lattek di Laboratorium Real Engine Simulator Seakan Dalam kapal Perang

SURABAYA, DORRONLINENEWS.com –
Memasuki hari ke-18 ini, suasana Latihan Praktek (Lattek) Sistem Pengendalian Mesin (Sisdalsin) bagi Taruna AAL tingkat lV Korps Teknik angkatan ke-65 dibuat sekan berada di kapal perang, mereka melaksanakan lattek di Laboratorium Real Engine Simulator, Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Kodiklatal, Surabaya, Jumat (28/2).

Menurutnya, Lattek ini diikuti 14 orang Taruna dan direncanakan berlangsung selama 30 hari sejak tanggal 4 Februari hingga 2 Maret 2020 mendatang.

Selama di Laboratorium Real Engine Simulator Pusdiktek, para Taruna diberikan materi simulasi layaknya di kapal perang (KRI), dan dibekali latihan prosedur pengoperasian dan maintenance motor pokok, motor diesel generator dan mesin bantu kapal.

“Sejak pagi mereka telah melahap berbagai materi latihan, dimulai dengan latihan praktek persiapan kapal berlayar dan bertempur berupa penyiapan diesel generator, pergantian aliran darat ke aliran kapal dan pararel diesel generator,” terang Kepala Departeman Teknik (Kadeptek) AAL, Letkol Laut (T) Muhammad Suprapto, S. T.

Sedang pada siang harinya lanjut Kadeptek AAL, mereka melaksanakan praktek operasional kapal saat berlayar meliputi penjurnalan pesawat-pesawat, komunikasi pelaporan ruang mesin dengan ruang kontrol mesin dan diakhiri dengan latihan praktek pengoperasian kapal peran muka belakang (selesai berlayar).

“Dalam lattek kali ini, disetiap akhir latihan per harinya selalu dilakukan evaluasi kegiatan dan penyampaian rencana kegiatan hari berikutnya,” ungkap Kadeptek AAL.

Lattek di Laboratorium Real Engine Simulator Pusdiktek Kodiklatal ini lanjut Kadeptek AAL, merupakan tempat terakhir pelaksanaan Lattek Sisdalsin bagi Taruna AAL tingkat lV Korps Teknik angkatan ke-65 ini.

Sebelumnya para Taruna AAL Korps Teknik ini telah melaksanakan latihan di Laboratorium Control Base Training & Computer Base Training dan Hard Mimic Departemen Teknik AAL serta di Laboratorium Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) Kodiklatal. (Pen AAL/Lono)

 

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close