Ragam

Bupati : Kepala Dinas Pertanian Untuk Mengkaji Rumput Vertiver yang Ditanam Di Bantaran Sungai Kali Lamong

Pemkab Gresik

Teks Foto : Bupati Gresik DR Sambari Halim Radianto  Secara Simbolis Memberikan bibit tanaman Vertiver kepada masyarakat untuk ditanam.

GRESIK, DORRINLINENEWS.com – Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto, Danrem 084 Bhaskara Jaya, Kolonel Infantri Sudaryanto dan Dandim 0817 Gresik, Letkol Inf. Budi Handoko memimpin penanaman rumput 25 ribu rumput vetiver, Di bantaran Sungai Kali Lamong, tepatnya desa Morowudi Kecamatan Cerme dan Desa Kepatihan, kecamatan Menganti, Gresik. Minggu (23/2/2020) pagi .

Dalam keterangannya, Bupati menyampaikan terima kasih kepada Danrem Bhaskara Jaya dan Dandim Gresik. Juga kepada semua pihak yang hadir dan membantu rekan-rekan TNI dalam penanaman ini.

“Sebelum berangkat kesini tadi, saya menyampaikan kepada Kepala Dinas Pertanian untuk meneliti lebih jauh prospek dan manfaat rumput vetiver ini. Semoga rumput vetiver ini bisa tumbuh aik dan bermanfaat untuk masyarakat. Terutama dapat menahan longsor sehingga tidak terhadi sedimentasi” ujar Bupati.

Didihadapan masyarakat dan Undangan yang hadir, Sambari juga menyampaikan program penanganan banjir Kali Lamong yang pada tahun 2020 ini segera dimulai. Katanya, pada tahun 2020 pihaknya bisa menganggarkan dana Rp. 50 miliar.

“Untuk tahun berikutnya yaitu tahun 2021, kami akan anggarkan sesuai kebutuhan. Nantinya akan kita rundingkan dengan berbagai pihak yang berwenang.” Tegas Sambari.

Pemda Gresik juga terus berupaya untuk berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk mensterilkan dan membebaskan lahan bantaran sungai Kali Lamong ini. Lahan-lahan tersebut masih banyak yang dikuasai warga masyarakat.

Danrem 084 Bhaskara Jaya Dalam Sambutannya mengatakan Penanaman Rumput vetiver di bantaran Kali Lamong merupakan tindak lanjut kegiatan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/Brawijaya. Serta sebagai tindak lanjut dari Perintah Presiden RI Bapak Joko Widodo beberapa Bulan yang lalu.

“Tanaman Rumput Vetiver/Akar Wangi ini diharapkan mampu mencegah bencana alam seperti tanah longsor, erosi tanah dan banjir terutama di Lahan Sepanjang Bantaran Kali Lamong ini, karena akar rumput ini sangat kuat dan baik Danrem 084/BJ Kolonel Inf. Sudaryanto, SE., mengatakan, penanaman rumput Vetiver/Akar Wangi di Lahan Bantaran untuk menjaga kestabilan serta kontruksi lapisan tanah ,” ujarnya.

Rumput Vetiver memiliki akar yang bisa menembus hingga kedalaman 6 meter, tambah Danrem.

Bupati Gresik DR. Ir. H. Sambari Halim Radianto, ST menambahkan, kami pihak Pemerintah Gresik terus menerus mendukung Program penanaman rumput Vetiver ini yang digalakkan oleh Korem 084/Bhaskara Jaya dan Kodim 0817/Gresik yang ditanam di Lahan Bantaran Sungai Kali Lamong.

Kegiatan penanaman rumput Akar Wangi/Vetiver tersebut slain dihadiri oleh Bupati Gresik tampak hadir juga Wakapolres Gresik Kompol Dhyno Indra Setyadi, S.I.K., M.Si., Para Pasi Stafterrem 084/BJ, Jajaran Kepala Dinas Pemkab. Gresik, Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0817/Gresik, Jajaran Kapolsek Gresik, Forkompimka Cerme dan Menganti, Kepala Desa Boboh dan Kepala Desa Morowudi berserta perangkat Desanya, Anggota jajaran Kodim 0817/Gresik, Polres Gresik, Tim Tanggap Darurat dari BPBD Gresik, Pol PP Gresik, Anggota Pramuka dan warga masyarakat sekitarnya yang hadir kurang lebih 1.000 orang. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close