Wisata

Wisata Alam Setigi Usir Kemiskinan, Hadirkan Kemakmuran

Wisata Setigi

Ket foto: Kades Sekapuk Abdul Halim saat mendampingi Wabup Gresik H Moh Qosim berkeliling menikmati pesona wisata alam Setigi.

GRESIK,DORRONLINENEWS.com – Kerja keras Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekapuk Ujungpangkah Gresik, Jawa Timur patut menjadi teladan bagi desa lainnya. Betapa tidak, dengan bekal kebersamaan dan semangat membara, desa yang awalnya dipandang sebelah mata oleh desa lainnya, kini menjelma menjadi desa mandiri dan modern.

Ya, kini Sekapuk telah berhasil membangun sebuah tempat wisata indah mempesona yang bernama Setigi. Dari namanya, wisata ini menawarkan Selo (bebatuan), Tirto (Air) dan Giri (gunung). “Alhamdulillah, baru seminggu dibuka, pengunjungnya sudah membludak, baik lokal maupun mancanegara,” ujar Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim, Rabu (8/1/2020).

Lebih lanjut Kades yang dijuluki sang Begawan ini mengungkapkan, lahirnya wisata Setigi ini merupakan bentuk kebangkitan warga Sekapuk agar terbebas dari penjajahan ekonomi. Warga Sekapuk juga tidak ingin selamanya terpuruk dan menjadi desa tertinggal jauh dari desa-desa lainnya.

“Makanya, usai dilantik menjadi Kades, dengan bermodal tekad dan keyakinan yang kuat, kami sepakat bersama-sama membangun Desa Sekapuk untuk bangkit menjadi desa mandiri,” kenang Kades dengan sorot mata berkaca-kaca.

Berkat keguyuban dan kebersamaan seluruh warga desa, bekas tambang dan tempat pembuangan sampah seluas 5 hektar itu, kini berubah menjadi tempat wisata yang seksi, molek, indah dan mempesona. Ribuan pengunjung, baik lokal maupun mancanegara pun betah berlama-lama menikmati pesona wisata Setigi.

“Akhir Desember 2017 saya dilantik. Tanpa banyak retorika, dengan modal keyakinan, awal tahun 2018, saya merangkul seluruh warga desa untuk membersihkan sampahnya, 2019 kita mulai membangun tempatnya, dan Alhamdulillah atas kuasa Allah semata, di 2020 ini kita sudah bisa menikmati pesona wisatanya,” beber ayah tiga orang putri ini.

Lebih menggembirakan lagi, wisata Setigi ini bukan milik individu ataupun perusahaan, melainkan milik seluruh warga desa. Sebab, seluruh biaya pembangunannya murni swadaya masyarakat. Jadi, seluruh warga desa memiliki saham di Setigi dan secara otomatis mereka telah menjadi pengusaha pariwisita massal.

Tidak cukup sampai di situ, wisata Setigi juga berhasil menciptakan lapangan kerja baru di bidang pariwisata, karena bisa mengentas puluhan pengangguran yang ada di Desa Sekapuk. Kini, para pengangguran itu telah disiapkan untuk menjadi Kabag pengelola wisata, pramusaji, pemandu wisata, penjaga loket, parkir, keamanan, sampai menjadi petugas taman dan kebersihan.

“Bismillah, atas izin Allah, dengan Setigi kita kenalkan potensi desa, produk unggulan desa, dan kita wujudkan ekonom mandiri. Dengan Setigi, kita bangga menjadi orang desa, karena wisata kita dikenal sampai mancanegara. Dan yang terpenting, semoga keberadaan wisata Setigi benar-benar berhasil mengusir kemiskinan dan menghadirkan kemakmuran untuk seluruh warga desa,” pungkas Kades sembari bertekad akan terus melakukan pembenahan dan penambahan wahana wisata demi memanjakan pengunjung. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close