Pendidikan

TPQ BAITUSSALAM Kepatihan  Ziarah Wali  Dan Wisata  Ke Bajak Laut 

Ziarah Wali TPQ Baitussalam

Ket foto: Para Santri TPQ BAITUSSALAM Kepatihan  saat Ziarah Wali  Dan Wisata  Ke Bajak Laut 

 

GRESIK, DORRONLINENEWS.com – Kegiatan ziarah kemakam wali songo ini menjadi pembelajaran bagi santri untuk mengenal sejarah perjuangan islam . Wali songo merupakan tokoh pelopor penyebaran islam pada abad 14 yang pusatnya dipulau jawa.

Sebanyak 85 santri TPQ BAITUSSALAM Kepatihan, Kecamatan Menganti, kabupaten  Gresik. (05-01-2020) mengadakan ziarah ke makam R Syarifudin Qosim (Sunan Drajat ) Kabupaten Lamongan dan wisata bajak laut di Bungah Gresik .

Menurut KH Misbahul Umam yang memimpin santri dalam ziarah wali mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah meneladani dari perjuangan wali Allah khususnya Sunan Drajat yang mengajarkan ajaran “wenehono teken marang wong kang wutho” (berikan tongkat bagi orang buta ) maksudnya berikan petunjuk bagi mereka yang tersesat.

“Wenehono klambi marang wong kang mudho” (berikan pakaian bagi orang yang telanjang ) maksudnya tutupi Aib atau keburukan orang lain .

“Wenehono mangan marang wong kang luwih ” (berikan makan bagi orang yang lapar) maksudnya jangan mementingkan diri sendiri tapi harus peduli terhadap penderitaan orang lain dengan perbanyak sedekah.

Inilah 3 pembelajaran atau suri tauladan dari R Syarifudin Qosim (Sunan Drajat ) Lamongan yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kata KH Misbahul Umam kepada santri TPQ BAITUSSALAM dimakam Sunan Drajat.

Setelah selesei ziarah para santri diajak wisata ke bajak laut di Bungah Gresik supaya santri tahu akan keindahan dan kebesaran ciptaan Allah sehingga bisa menjadi hamba-hamba yang pandai bersyukur akan nikmat dan kekuasaan Allah SWT. (Anam/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close