Peristiwa

Peduli Keselamatan Warganya Kapolres Gresik Bagikan Pelampung dan Kentongan

Polres Gresik

Keterangan foto : Kapolres Gresik saat membagikan pelampung kepada warga Cerme di tengah guyuran hujan.

GRESIK, DORRONLINENEWS.com – Peduli terhadap keselamatan warganya, akan terseret arus air, ketika luapan Sungai Kalilamong, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo berinisiatif membagikan pelampung dan kentongan gratis kepada warga.

Hal itu bertujuan agar warga tetap siaga bilamana banjir luapan sungai Kalilamong kembali terjadi. Pembagian alat siaga banjir ini dipusatkan di Desa Iker-iker Geger, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Tampak aparat TNI dan BPBD ikut serta dalam kegiatan ini.

“Ada empat hal yang ingin kita terapkan dalam tanggap bencana banjir. Yakni langkah penyelamatan warga yang tidak bisa berenang dengan memberikan pelampung dari ban dalam mobil. Kedua kentongan sebagai tanda bahaya apabila air meluap pada malam hari,” ujar Kapolres AKBP Kusworo Wibowo, Minggu (05/01/2020).

Yang ketiga, lanjut Kusworo, pemasangan papan penanda evakuasi yang ditancapkan di tepi jalan yang berbatasan dengan sungai. Dengan tujuan ketika dilakukan evakuasi warga bisa mengetahui posisi antara jalan dan parit atau sungai.

“Dan yang terakhir kita siapkan tali tambang yang dibentangkan di sepanjang jalan, agar dijadikan pegangan bilamana kondisi arus air deras. Semua itu kita lakukan untuk keselamatan warga dan meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” ungkapnya.

Kepala desa Geger Kristono mengaku berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kapolres Gresik. Baik berupa sosialisasi tanggap bencana maupun pembagian alat siaga banjir. “Paling tidak keselamatan warga yang kita utamakan. Bagi kami bantuan ini sangat bermanfaat,” katanya. (Lono)

 

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close