Peristiwa

Empat Warga Positif Terserang Demam Berdara, Pemdes Laksanakan Vogging Mandiri

Vogging Mandiri Pemdes Wotansari

Teks Foto : Pemdes  Wotansari Laksanakan Vogging Mandiri

GRESIK, DORRONLINENEWS.com –
Empat orang terserang DBD sehingga fogging mandiri pun dilakukan oleh Pemdes Wotansari, Awal tahun 2020 ini, jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kecamatan Balongpanggang sudah mulai ada. Salah satunya Desa Wotansari Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Minggu (19/01/2020).

Pemerintahan Desa Wotansari mengambil inisiatif untuk melakukan Vogging, secara mandiri.  Dengan menggunakan dua mesin fogging, sejumlah petugas langsung melakukan vogging ke rumah-rumah warga.

Kepala Desa (Kades) Wotansari Hariyono mengatakan, ini dilakukan lantaran di Desa Wotansari, sendiri sudah terdapat Empat orang terserang DBD, dari anak anak dan remaja. Salah satunya, Jafran, Wahyu, Prawoto warga Dusun Tlatah, dan Devan warga Dusun Wotangsari Desa Tlatah Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik.

Semuanya ini sempat di bawa ke Rumah Sakit Walisongo lantaran mengalami demam, dan suhu badan panas tinggi.

“Untuk DBD di Desa Wotansari memang ada, namun tidak sampai kronis, sehingga dari Pemerintahan Desa Wotansari mengambil langkah, karena pencegahan lebih baik dari pada penyembuhan,” ungkapnya.

Dengan vogging dilakukan untuk menekan penyebaran kasus demam berdarah di wilayahnya.
Karena pencegahan lebih baik dari pada penyembuhan.

“Kita sudah laporan ke Puskesmas Dapet dan mengajukan ke Dinas Kesehatan, namun dinilai pengajuan vogging harus mengantri lama, menunggu giliran, untuk itu pemerintahan desa mengambil langkah sendiri,” tuturnya.

Sehingga, dihawatirkan korban bertambah di Desa Wotansari, untung punya alat vogging, sehingga pemdes punya inisiap untuk melaksanakan vogging
Mandiri .

“Semoga dengan adanya vogging ini, jangan sampai ada korban lagi,” Tegasnya.

Untuk itu kami menghimbau
“Dengan adanya kasus yang sudah menelan korban, supaya masyarakat nantinya bisa menjaga kebersihan, utamanya di rumah sendiri, dan lingkungan”. Tambahnya.

Karena lingkungan bersih bukan dari siapa siapa, namun dari kita masing-masing,  untuk itu marilah kita perangi DBD dilingkungan Dusun kita masing-masing ,” Tambahnya.

Kepala Puskemas Dapet, Balongpanggang dr. Rizal ketika dikonfirmasi awak Media DORRONLINE minggu (19/01/2020) membenarkan adanya laporan dari Pemdes Wotansari, yang mengatakan bahwa didesa tersebut ada yang terserang DBD sebanyak 4 orang yang sudah pulang dari RS WS desa Karangsemanding.

“Namun saya belum mendapat kepastian berapa orang yang positif terserang DB. Kalau Pemdes Wotansari sudah melakukan vogging saya juga mengucapkan terima kasih, berarti Pemdes Wotansari tanggap terhadap penyakit DB”. Tuturnya.
(Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close