Ekonomi dan Bisnis

Strategi Komunikasi Dan Marketing Petrokimia Gresik Diganjar Apresiasi BUMN Branding Dan Marketing Award 2019

 

JAKARTA, DORRONLINENEWS.com –
Strategi corporate branding dan marketing Petrokimia Gresik, perusahaan solusi agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, mendapat penghargaan dalam ajang &BUMN Branding & Marketing Award 2019& yang diselenggarakan BUMN Track dan diterima langsung oleh Direktur Utama (Dirut) Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi di Jakarta, Selasa (5/11).

Rahmad Pribadi menjelaskan bahwa penghargaan ini adalah bukti nyata dan pengakuan pihak eksternal terhadap upaya perusahaan dalam mengomunikasikan transformasi bisnis yang sedang dijalani oleh Petrokimia Gresik sejak awal tahun 2019 ini melalui tagline “Solusi Agroindustri”.

“Solusi Agroindustri” adalah sebuah asa untuk menjawab permasalahan hulu-hilir konsumen di sektor agroindustri, mulai dari benih, pengolahan tanah, pupuk, serta pengendalian hama. Produk dan pelayanan ini bermuara pada peningkatan produktivitas, terutama pada sektor pertanian dan perkebunan sebagai input berkualitas bagi industri pengolahan hasil pertanian atau agroindustri.

“Solusi Agroindustri menjadikan Petrokimia Gresik sebagai jawaban atau pemberi solusi yang terintegrasi bagi sektor agroindustri, khususnya pada lahan pertanian atau on farm. Sehingga, Petrokimia Gresik tidak lagi sekadar berbicara produksi pupuk saja, melainkan memberi pelayanan lengkap sesuai kebutuhan konsumen,” ujar Rahmad.

Untuk mendukung strategi komunikasi “Solusi Agroindustri”, Petrokimia Gresik membutuhkan terobosan untuk menjawab kebutuhan pasar. Inovasi atau terobosan tersebut menjadi bagian dari strategi corporate branding, dimana inovasi merupakan salah satu dari Tata Nilai Perusahaan.

&Kami memiliki wadah untuk mengapresiasi karya inovasi karyawan mulai dari tingkat unit kerja hingga perusahaan. Sedangkan bagi pemenang level perusahaan akan diikutsertakan pada ajang nasional maupun internasional,& ujar Rahmad.

Selain corporate branding, di ajang yang sama, Petrokimia Gresik juga mendapat penghargaan atas prestasi Chief Marketing Officer – Creative Marketing Initiative Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata (I Ketut Rusnaya). Petrokimia Gresik memiliki strategi product branding untuk mencapai target transformasi bisnis sebagai market leader dan dominant player di sektor agroindustri.

Strategi product branding dilakukan melalui program demonstration plot (demplot) atau pembuktian oleh petani yang tahun ini dilakukan di 571 titik, kemudian sosialisasi kepada petani, penyediaan fasilitas mobil uji tanah yang dapat mengidentifikasi kondisi tanah dan memberikan rekomendasi pemupukan kepada petani, ekspo di level regional dan internasional, serta publikasi di media mainstream dan media partner. Selain itu, product branding juga dilakukan melalui program panen raya, program tanam perdana, dialog dengan konsumen, farm field day dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, Rahmad menjelaskan bahwa untuk mendukung corporate dan product branding dalam transformasi bisnis, dibutuhkan strategi marketing yang handal. Strategi marketing Petrokimia Gresik diawali dengan identifikasi yang terjadi di lingkungan bisnis, dimana pola subsidi akan segera dialihkan oleh pemerintah melalui program Kartu Tani.

“Petrokimia Gresik terus melakukan inovasi produk sesuai dengan kebutuham petani serta menggali pasar potensial lainnya yang selama ini belum tergarap. Bahkan Petrokimia Gresik mampu memproduksi pupuk sesuai dengan spesifikasi atau kebutuhan konsumen,” ungkap Rahmad.

Strategi marketing Petrokimia Gresik memanfaatkan saluran komunikasi yang dimiliki perusahaan, seperti website, aplikasi penyuluhan berbasis android, media sosial, marketplace, serta aktif di jaringan international sales and marketing seperti International Fertilizer Assosiation (IFA) dan lainnya.

“Penghargaan ini menjadi bukti bahwa upaya Petrokimia Gresik untuk menjadi solusi agroindustri dan mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional telah diakui oleh stakeholder nasional”, tutup Rahmad. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close