Pemerintahan

Pemkot Surabaya Siapkan Sidosermo Jadi Kampung Santri

 

SURABAY,DORRONLINENEWS.COM-Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan kawasan pondok pesantren di Jagir Sidosermo atau yang akrab disebut Ndresmo sebagai Kampung Santri. Berbagai fasilitas publik dan infrastruktur terus diperbaiki hingga saat ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Kampung Santri ini terus dilakukan penataan. Nantinya, kawasan ini akan menjadi lokasi bersejarah dan legendaris, sehingga dapat dijadikan sebagai jujukan wisata religi.

“Pengembangan Kampung Santri tahun ini masih fokus pada pembenahan infrastruktur dasar, termasuk fasilitas umumnya. Mulai dari pavingisasi, rehab bangunan-bangunan pondok, juga pemugaran makam Assayyid Ali Ashgar Basyaidan. Semuanya alhamdulillah sudah selesai kita
lakukan,” kata Eri Cahyadi di lokasi, Selasa (22/10/2019).

Menurut Eri, tahun depan pihaknya akan mengkonsolidasikan beberapa stake holder untuk menggarap Ndresmo lebih serius. Sebab, potensi pengembangan Ndresmo sejatinya cukup besar.
Acara pengajian seperti sholawatan, istighostah, hingga zikir bersama cukup banyak. Bahkan, hampir setiap bulan selalu ada kegiatan tersebut, sehingga sangat cocok untuk dijadikan Kampung Santri.

“Jika penataan kegiatannya optimal, semakin banyak masyarakat yang mengikuti pengajian di
sini yang akan bisa menggerakkan ekonomi warganya, termasuk para santri juga,” kata Eri yang
juga Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) tersebut. Selain itu, Kampung Santri ini juga akan berfokus pada potensi pengembangan pondok-pondok.

Para santri bisa didorong untuk berdaya secara ekonomi dengan upgrade skill enterpreneurship,leadership, dan management. Tujuannya, para santri-santri lulusan Ndresmo tidak hanya ahli dalam bidang agama, tapi juga bisa menciptakan lapangan kerja. “Apalagi mereka tinggal di
Surabaya yang pertumbuhan investasi dan ekonominya juga sangat bagus. Santri bisa ikut mengambil peran di bidang ekonomi,” katanya.

Pondok-pondok di Ndresmo juga bisa dikerjasamakan dengan pondok-pondok pesantren luar
Surabaya. Terutama pondok yang punya inovasi dalam pengembangan ekonomi santri.

“Beberapa pondok yang saya temui memberdayakan santri di bidang perkebunan cokelat, kopi,bahkan sudah memiliki jaringan penjualan kopi hingga ke daerah-daerah. Ini bisa kita kolaborasikan nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang Kiai Ndresmo, Kyai Haji Mas Ahmad Nasrohuddin, menyatakan bahwa Ndresmo memang sudah layak jadi Kampung Santri. Di samping karena banyaknya santri dan pondok pesantren, keunikan Ndresmo yang berada di tengah kota juga bisa menjadikannya
daya tarik.

“Kami sudah mendengar adanya wacana Kampung Santri dari Pemkot Surabaya. Saya kira ini
jadi hal yang positif. Kami dan pemkot akan membahas lebih jauh lagi rencana ini.

Alhamdulillah, beberapa pembenahan sudah dilakukan pemkot di Ndresmo. Ini jadi langkah yang baik sebelum membahas lebih jauh lagi soal pembangunan Kampung Santri,” kata Kiai Nasrohuddin.

KH Agoes Ali Mashuri alias Gus Ali, pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat juga mengapresiasi dan sangat mendukung ide Kampung Santri itu. Bahkan, ia juga mengaku ide itu sangat menarik untuk direalisasikan.

“Apalagi Ndresmo merupakan kawasan yang sangat legendaris. Saya setuju. Saya dukung!” Kata Gus Ali beberapa waktu lalu saat mengisi pengajian di Ndresmo. (Yous)

Komentar

Tag

Berita Terkait

Back to top button
Close