Pemerintahan

Luar Biasa Simpati Warga Sidowungu Terhadap Ruwat Deso

Pemerintah Desa Sidowungu, Menganti, Gresik

Kepala Desa Sidowungu bersama Muspika Menganti 

GRESIK, DORRONLINENEWS.com – Luar biasa keramaian di desa Sido wungu dalam sedekah bumi atau istilah lain yakni tegal deso (ruwatan deso).
Sebanyak 16 peserta dari 16 RT yang ada didesa Sidowungu, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik meramaikan acara sedekah bumi dengan membuat berbagai Replika yang terbuat dari berbagai macam hasil kekayaan bumi seperti : bawang putih, bawang merah, kacang, lombok merah dan hijau, tomas dan lain sebagainya.(13/10)Minggu siang.

Replika-replika tersebut antara lain : Ular naga, tikus raksasa, keraton, tumpeng raksasa dan lain sebagainya.
Arak-arakan peserta berjalan kaki mengelilingi perkampoengan dan finis di alun-alun pondok mburi (wong bodho).

Sementara Muhammad Sukoiri selaku kepala desa menjelaskan kepada awak media bahwa kegiatan sedekah bumi semacam ini rutin kita lakukan tiap tahun semenjak kita menjabat sebagai kepala desa Sidowunggu hampir 15 tahun.

“Ini adalah wujud syukur kepada leluhur yang memberikan kepada kita untuk meneruskan keturunan, oleh karena itu sebagai bentuk terima kasih kita wujudkan dengan tasyakuran-tasyakuran dan sebelumnya kita sudah lakukan do’a bersama untuk leluhur kita.”Jelas M.Sukoiri

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua panitia, Syafi’i mengatakan bahwa kegiatan sedekah bumi didesa Sido wunggu rutin dilakukan tiap tahun sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah swt atas segala karunia yang anugerahkan kepada warga/masyarakat desa Sido wunggu.”paparnya.

Ia berharap “Semoga masyarakat menjadi makmur, tentrem dan lohjinawi rukun damai sentosa.”tambahnya.

Turut hadir antara lain, Camat Sujarto, AKP Ramadhan Nasution, Babinsa, Wongso Negoro, SE, SH, M.Si (ketua fraksi Golkar DPRD Gresik), dr.Anis Ambiyo Putri (bakal calon Bupati Gresik 2020 mendatang). (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close