Ragam

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019 Di Pimpin Kapemeru Gresik

Polres Gresik

Kapolres Gresik menyematkan pita kepada salah satu anggota Lantas  dalam Operasi Zebra Semeru 2019 

GRESIK, DORRONLINENEWS.com – Bertempat Di Halaman kantor Satlantas Gresik, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, SH., SIK., M.H., Pimpin Apel gelar pasukan operasi Zebra Semeru 219 pada hari Rabu (23/10/2019) pukul 07. 00 Wib, yang dihadiri Satlantas dan Anggotanya.

Dalam sambutan Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo SH., SIK., MH., mengucapkan rasa syukur kepada Allah swt atas rahmad dan hidayahnya kita masih di berikan kesehatan dan kekuatan lahir batin sehingga masih bisa melaksanakan apel gelar pasukan ini dengan baik.

“Untuk Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi yang memiliki penduduk dengan jumlah yang tinggi, sekaligus menjadi peringkat kedua setelah Jawa Barat dimana pada tahun 2018 jumlah penduduk jawa timur sebesar 42 juta dengan kepadatan penduduk yang tinggi di indonesia yakni 813 jiwa,” ucap Kapolres.

Ia menambahkan dengan padatnya penduduk di jawa timur menyebabkan banyaknya masalah transportasi yang terjadi di Provinsi ini, diantaranya adalah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, berdasarkan anev Ditlantas Polda Jatim laka lantas di
Jawa Timur cukup tinggi dan mengalami kenaikan.

“Dan perbandingan jumlah Laka Lantas pada tahun 2018 dan 2019 pada periode waktu yang sama Januari sampai denagan september pada tahun 2018 sebesar 18. 649 kasus sedangkan 2019 sebesar 19.416 kasus (naik 4,11 %),” kata perwira dengan 2 melati dipundaknya tersebut.

Sedangkan data pelanggaran lalu lintas tahun 2019 di bandingkan 2018 pada periode waktu yang sama Januari sampai dengan September mengalami penurunan -3, 67 % “Jenis pelanggaran yang terbanyak adalah marka jalan /rambu-rambu yang merupakan salah satu pelanggaran prioritas berpotensi laka,” tambahnya.

Polda Jawa Timur beserta jajaran dan di bantu oleh stake holder terkait akan melaksanakan operasi kepolisian kewilayaan dengan sandi Zebra Semeru 2019.

Operasi zebra semeru ini merupakan salah satu upaya polda Jawa Jimur dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas

Sasaran pada operasi Zebra Semeru 2019 kali ini di prioritaskan terhadal 8 prioritas pelanggaran lalu lintas yaitu sebagai berikut:
Tidak menggunakan helm standart. Tidak menggunakan safety belt. Melebihi batas kecepatan. Pengaruh alkohol.
Pengendara masih di bawa umur
Menggunakan handphone saat berkendara. Melawan arus.
Kelengkapan surat-surat ranmor dan pengemudi.

Dan juga ada 4 tujuan tercapainya operasi ini yaitu. Meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polri dengam terbentuknya opini positif dan citra tertib lalu lintas. (Devi/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close