Ekonomi dan Bisnis

Petrokimia Bangun Kemandirian Ekonomi Masyarakat  UPZ Gandeng Start Up Digital Ko-INA

Ekonomi kemasyarakatan

GRESIK, DORRONLINENEWS.com -Penandatanganan MoU UPZ Baznas PG dengan KO-INTempat : JakartaHari / Tanggal : 23 September 2019Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional (UPZ Baznas) PT Petrokimia Gresik (PG)menandatangani kerjasama dengan perusahaan start up digital KO-IN (Toko Indonesia) di KantorKO-IN, Jalan Pangeran Antasari Nomor 62, Jakarta Selatan, Senin (23/9). Memorandum ofUnderstanding (MoU) ini memuat program pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitarperusahaan dengan mendirikan Toko Rakyat Gresik (TORASIK).

Ketua UPZ Baznas PG, Yusuf Wibisono menjelaskan bahwa program ini nantinya akanmembantu masyarakat sekitar perusahaan membangun warung atau toko kelontong online. Saatini, warung atau toko kelontong banyak yang tidak berkembang atau bahkan mati kalah bersaingdengan kehadiran ritel modern.Untuk itu, UPZ Baznas PG bekerja sama dengan KO-IN, perusahaan start up digital yangmemiliki concern terhadap peningkatan taraf ekonomi mikro, untuk membantu masyarakat sekitarperusahaan mendirikan TORASIK yang didesain secara modern berbasis digital. TORASIKmenawarkan kemudahan bagi customer dalam berbelanja sekaligus menyediakan barangdengan harga kompetitif dan diharapkan dapat mengembalikan kejayaan toko kelontong sebagaipusat/sentra jual-beli kebutuhan masyarakat.

“Program ini diharapkan dapat menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat di sekitarperusahaan, sekaligus memberikan edukasi terkait digitalisasi bisnis sehingga menumbuhkanjiwa wirausaha bagi berbagai komunitas sekitar perusahaan,” ujar Yusuf Wibisono yang juga menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan (Sesper) PG.Mitra akan mendapatkan bantuan modal usaha dari PG. Selanjutnya KO-IN mendampingi mitradalam hal Promedsos (Promosi, Edukasi dan Sosialisasi), memberikan produk dengan hargaekonomis, serta menyiapkan teknologi untuk TORASIK. Selama bulan September hingga Oktoberditargetkan ada 40 Mitra yang telah membangun TORASIK.

 

Program ini melibatkan Desa/Kelurahan sekitar perusahaan, Karang Taruna, Komunitas PKK,Pelaku UMKM dan Bisnis Mikro (Warung Kelontong), serta Mustahik yang menjadi syaratpenerima bantuan dari UPZ Baznas PG.”TORASIK juga sebagai upaya Petrokimia Gresik untuk membantu Pemerintah dalammenyiapkan lapangan pekerjaan, dimana selama ini serapan tenaga kerja tidak sebandingdengan bonus demografi,” ujar Yusuf Wibisono.Program ini, lanjut Yusuf Wibisono, juga sebagai upaya perusahaan untuk meningkatkanhubungan harmonis antara masyarakat sekitar perusahaan dengan Petrokimia Gresik, sehinggatercipta lingkungan yang kondusif dan dapat mendukung kegiatan operasional perusahaan. (Devi/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close